Minggu, 04 September 2011

Mudah Rezeki, mudah Urusan

Menghabisi Masalah Apapun
Alhamdulilah , sebenarnya saya belum pantas menulis sesuatu tentang masalah. Ini bukan tempatnya seorang siswa yang duduk di bangku SMA, tetapi saya hanya bermaksud untuk sharing pengalaman saya dan orang-orang terdekat saya serta orang-orang yang saya anggap bisa dicontoh tentang menghabisi masalah dengan teman - teman semua, bagi yang percaya silakan di ikuti dan bertestimoni ya.., bagi yang ada pertannyaan bisa memberkan comentnya di diar1993@gmail.com, atau apresiasinya.blogspot.com insya Allah saya jawab... :D hehe..
Teman-teman punya masalah ? sedang binggung bagaimana menyelesaikannya ? Mungkin ada masalah dengan orang lain, masalah keuangan, masalah dengan diri sendiri? atau teman-teman mungkin tidak punya masalah(wuih hebat), tapi setiap manusia pastilah punya hajat dan keinginan yang belum tercapai? Seperti kalau kita mungkin..:
- ingin uang saku bertambah dan kendaraan baru
- ingin masuk universitas favorit
- ingin jadi anak pintar dan membanggakan orang tua atau apapun yang jadi keingginan teman-teman.
Semua bisa dicapai, semua bisa diselesaikan, kalau teman-teman terus membaca artikel ini,
Mari bersama - sama kita ibaratkan hidup kita bagai sebuah mobil yang berkendara di malam hari, sekitar pukul 6 sore.(sudah kebayang..?) kita dari Surabaya dengan tujuan Jakarta. Tetapi ada yang menarik, kita belum pernah ke jakarta sama sekali, kita tidak tahu jalan ke Jakarta, dalam perjalanan nanti akan banyak persimpangan yang tidak kita ketahui dan yang paling menggugah, kita akan dipecat bila kita sampai di Jakarta sudah siang, kita harus sampai di Jakarta jam 6 pagi. Yang harus kita lakukan pasti, Menaiki mobil lalu…
1. bila di persimpangan jalan akan melihat papan penunjuk jalan.
2. bila tidak ada papan penunjuk jalan pastilah bertannya pada orang lain.
3. bila tidak ada papan penunjuk jalan dan orang ???
nah di saat itulah urusan kita sedang tidak mudah,kita harus tahu bagaimana bisa terus jalan. Kalau tidak, keburu pagi dan kita bisa di pecat.Di saat itulah kita membutuhkan bantuan dari dzat yang maha besar, yang maha kuasa.. itulah ALLAH SWT.
”Dan sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka:” Siapakah yang menciptakan langit dan bumi? “Tentu mereka akan menjawab:” Allah “. Katakanlah: Segala puji bagi Allah”; tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui” (surat : Luqman Ayat : 25)
Mari kita lihat kembali cerita di atas, hidup memang seperti itu. Bila perjalanan mobil itu adalah perjalanan hidup kita, maka Jakarta adalah tujuan hidup kita, bisa dikatakan Jakarta itu Sukses di dunia dan Surga di Akhirat.Tapi Waktu kita ada batasnya,sampai kita di pecat dari dunia ini(meninggal..).
Kadang kita hidup di dunia yang penuh kejelasan. Tapi di saat kita melalui kesulitan,menemui masalah,ibarat mobil yang sampai di persimpangan jalan tapi tidak tahu harus ke mana atau mobil yang terjebak macet. Hidup ini penuh ketidak jelasan.
di saat itulah, silakan kita melakukan hal ini..
1. Sholat 5 waktu
2. Sholat Tahajud dan Dhuha
3. Sedekah
Bagai mobil tadi bila kita sholat 5 waktu seperti kita ada yang mengarahkan ke jalan yang benar,insting kita akan bermain dengan tepat. Karena kita berjalan dengan petunjuk-Nya dan di jalan-Nya. Kenapa kita punya masalah, mari kita lihat akar permasalahannya. Mungkin kita tidak dekat dengan tuhan kita? Akhirnya ibarat mobil yang berjalan, mungkin kita sudah salah jalur, salah jalan. Bukannya ke Jakarta eh..malah ke Bandung. Kalau sudah begitu pastilah kita bingung, pastilah kita banyak masalah karena kita memang salah jalan.
Yang ke-2 tambahlah dengan Tahajud dan Dhuha, mobil kita akan mempunyai kecepatan tinggi.Kita akan takjub melihat begitu cepatnya kita berjalan seperti burung yang kaget kalau dia bisa terbang.Lho..! burung kok kaget dia bisa terbang?? nah itulah kita.. sebenarnya kita punya dua sayap yang bisa terbang tapi jarang kita gunakan. apa itu??Dhuha dan Tahajud. Kalau kita sudah melakukan hal ini, Namanya masalah itu Insya Allah jadi hilang, jadi mudah, walaupun ada terasa ringan(mungkin ujian) sampai kita kaget dan mungkin malah bingung. Karena masalah mau dekat ke kita tidak bisa, kecepatan kita terlalu tinggi dan akhirnya ”masalah” gak bisa ngejar.. hehe (sory ya ”masalah”, gua duluan..)
Kalau sudah jalan di jalan yang benar dan berkecepatan tinggi itu mah biasa... Biar lebih cepat sampai tujuan(hidup), biasanya ada jalan tol kan. Nah jalan tol ini akan ada bila kita sedekah. Jadi bila kita sedekah, jalan tol ini tiba - tiba ada di depan kita. Enak kan, perjalanan 2 jam jadi 20 menit, tapi harus bayar gerbang tolnya, dengan apa? ya dengan sedekah, makin banyak makin sepi jalan tolnya.Wah, sampai sini banyak pertanyaan melayang ke saya, ”Apa hubungannya sedekah sama melancarkan masalah, kalau Sholat, Tahajud dan Dhuha masih percaya.” hehe. Jadi saya gambarkan sederhana seprti ini,uang bila ditimbun itu menimbulkan masalah, ibarat udara yang selalu dihisap tanpa dikeluarkan(Sedekahkan) akan membuat diri kita mati, sama seperti darah yang selalu beredar, uang pun harus beredar kalau ingin sehat(masalah lancar).Kalau saya perjelas lagi ini janji Allah loh,
”Barang siapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya...” (surat : Al-An’am : 160)
Berarti tiap kita ngasih ke ALLAH 1, di balas 10 kali lipat jadi 10. Bahkan Nabi Muhammad SAW. Pernah bersabda ” Belilah semua kesulitan dengan sedekah” , juga tidak ketinggalan Sahabat Ali juga berkata ”Pancing Rezeki dengan sedekah”. Walaupun saya sudah terlambat saya juga ingin berkata, ”mau urusan lancar, pakai sedekah(bukan vegeta), hehehe”. Makin banyak temen-temen sedekah makin cepet dan besar hajat terkabul, dan mungkin akan di balas di luar keingginan kita. Mintannya diterima di UGM malah di Harvard , minta sepeda baru malah dapat mobil baru, minta ngerti pelajaran malah ranking satu. Kita tidak pernah tahu hadiah apa yang Allah berikan bagi para ahli sholat dan sedekah. Yang jelas hadiahnya selalu Wonderfull, selalu Amazing!
Nah tapi itu semua percuma kalau kita tidak berani menginjak gas mobil kita. Mobil bagus, tahu jalannya, jalan tol tersedia, tanpa Usaha (Ikhtiar) bagai mobil yang diam di garasinya.(orang yang berdoa tanpa usaha) Walau Mobil kita Ferari V-9 yang bisa laju 200 KM/jam, tanpa usaha, mending pakai mobil kodok.. :D setuju???
Jadi kalu di rumuskan menurut saya (hehe..)
Menghabisi masalah = Ikhtiar x Sholat dan Doa x Sedekah.
Allah sudah memberikan caranya pada kita kok., ngapain bingung cari cara lain,dia yang maha kuasa , dia sanggup mengubah malam jadi siang dan siang jadi malam, apalagi cuma mempercepat jalan kita(perjalanan hidup) mencapai tujuan (apapun).Kalau kita sudah seperti ini, kita sudah cocok dengan kata-kata motivasi “Jangan katakan pada tuhan, sebesar apa masalah kita, tapi katakan pada masalah bahwa kita punya tuhan yang maha segalannya!”
Banyak orang cari-cara cepat dapat rezeki dan mudah urusan sampai ke dukun dan para normal , menurut saya tidak perlulah. Kita minta ke Allah saja, minta sama yang punya dunia ini. Ingat selalu ini .. Allah.. Ikhtiar.. Allah.. Insya allah jalan mudah dan lancar. Dan jangan ...Ikhtiar..ikhtiar..stress..g bisa bangkit...baru Allah..wah itu sama kayak jadikan Allah pemain cadangan tuh.Tapi meskipun begitu Insya Allah, meskipun kita sudah babak belur, selama kita mau berubah dan bertaubat, pertolongan Allah selalu datang.Aminn
Sekali lagi bila ada pertanyaan yang ingin ditanyakan silakan langsung ke email saya yang di atas. Karena bab ini tidak mungkin bisa dibahas hanya dengan sekitar 2 halaman.
Terima kasih. (Banin Diar Sukmono)

0 komentar:

Poskan Komentar

sILAKAN MEMBERI KMENTAR DI BAWAH INI .... TERIMA KASIH :) :):|)